3-latest-65px

Fitur Baru WhatsApp: Nggak Perlu Hapus Pesan, Ini Cara Edit Pesan di WA!

Daftar Isi [Tampil]
    thumbnail blog diarigunarti.blogspot.com fitur baru whatsapp


    Gaeess, pernah gak kalian dapat pesan di WA seperti ini: "Pesan ini dihapus", pasti kalian merasa kesal atau penasaran dengan isi pesan yang sudah dihapus tadi kan? Nah..., daripada kalian juga bikin orang kesal atau penasaran, kenapa tidak kalian manfaatin aja fitur baru di WhatsApp "edit pesan"? Yaitu alat atau fasilitas baru yang di sediakan oleh WhatsApp untuk menyunting atau mengedit pesan chatt yang terlanjur terkirim.

    Jadi, buat kalian yang sering typo atau salah ketik pesan nggak perlu khawatir lagi atau gak perlu repot hapus-hapus pesan lagi.

    Selain fitur baru edit pesan, sebelumnya WA juga telah meluncurkan beberapa fitur lainnya seperti berbagi layar, kirim gambar, foto dan video dengan format HD, fitur lock chatt yakni mengunci pesan agar tidak dibaca oleh orang lain, dan beberapa fitur menarik lainnya.

    Lalu..., bagaimana cara menggunakan atau melakukan edit pesan di WhatsApp tadi? Caranya sangat mudah, simak beberapa langkah cara edit pesan di WhatsApp berikut ini:

    1. Seperti biasa buka obrolan (chatt) di WhatsApp, lalu ketikkan pesan yang kalian ingin kirimkan kepada keluarga atau teman kalian, misalnya kalian ketik pesan "Hallo...", setelah pesan terkirim, ternyata kalian merasa ada kesalahan ketik atau ada yang kurang dalam pesan tersebut, disinilah kalian tidak perlu menghapus pesan yang terlanjur terkirim tadi. Gunakan saja fitur edit pesan di aplikasi WhatsApp, dengan mengikuti langkah selanjutnya.

    2. Langkah ke 2, kalian tinggal tekan lama (sorot) pesan yang mau di edit. Setelah pesan tersorot berwarna biru, klik titik tiga yang ada di pojok (sudut) kanan atas, kemudian akan muncul beberapa pilihan (opsi), diantaranya opsi "edit".

    3. Berikutnya kalian pilih aja opsi "edit" tadi, dan akan muncul tampilan pesan yang ingin kalian edit di bar papan ketik pesan. Lalu edit aja pesan sesuai keinginan kalian, lalu simpan perubahan dengan meng klik tanda centang yang ada di samping kanan papan ketik pesan.

    4. Terakhir, setelah pesan sudah di edit sesuai keinginan, tinggal klik aja tanda centang di sebelahnya untuk menyimpan perubahan pesan.Nah...selesai, pesan pun sudah berubah sesuai keinginan kalian, mudah dan cepat bukan?

    Jka kalian masih bingung dengan penjelasan langkah-langkah di atas, kalian bisa simak gambar  ilustrasi langka-langkah cara edit pesan di whatsApp di bawah ini:

    ilustrasi cara edit pesan di whatsapp

    Dan di bawah ini adalah gambar tampilan pesan sebelum dan sesudah di edit.

    gambar sebelum-sesudah edit pesan di whatsapp


    Selain mengetahui cara menggunakan fitur edit pesan di atas, ada beberapa hal yang kalian harus ketahui tentang fitur edit pesan ini, diantaranya adalah:

    • hanya bisa digunakan untuk pesan yang terkirim kurang dari 15 menit, tidak jauh berbeda sih sebenarnya dengan fitur tarik atau hapus pesan. Jadi jika pesan yang kalian kirimkan sudah lebih 15 menit atau sudah terbaca oleh penerima pesan makan opsi "edit" pesan sudah tidak tersedia lagi.

    • selain itu,jika fitur edit pesan tidak muncul sementara pesan yang terkirim belum lewat dari 15 menit, ada kemungkinan ini karena kalian masih menggunakan WhatsApp versi lama. Cara mengatasinya tentu saja kalian harus segera meng update aplikasi WA kalian ke versi terbaru.

    • Pesan yang sudah di edit akan muncul keterangan "edited" atau "diedit".


    Nah itu tadi artikel singkat tentang cara edit pesan di WA. Tapi tetep penting untuk diingat ya, gunain fitur edit pesan ini dengan bijak dan seperlunya saja, tentunya agar tidak menimbulkan kesalahpahaman atau rasa penasaran temen-temenmu di WhatsApp. 

    Oh..ya...satu lagi, agar kalian tidak ketinggalan update fitur-fitur terbaru di WhatsApp, ikuti saja channel atau saluran WhatsApp yang tersedia di akun WhatsApp kamu.

    Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

    Posting Komentar